Sabtu, 09 April 2011

10 Negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia

Sebagai agama dengan penganut terbesar nomer dua di dunia, Islam menjadi agama yang pemeluknya tersebar di seluruh penjuru dunia. Hampir di semua negara di belahan dunia, pasti ada penduduk muslimnya. Dan dalam postingan kali ini, saya akan memberikan artikel tentang 10 negara dengan penduduk beragama Islam terbesar di dunia.

http://2.bp.blogspot.com/_wIlbZPtT8JU/S06CPhbrZDI/AAAAAAAAAMI/bdJtR4fftxo/s400/muslim_family.jpg

Berikut adalah daftar 10 besar negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia

1. Indonesia : 182,570,000 orang
Indonesia merupakan negara Muslim terbesar di seluruh dunia. Meskipun 88% penduduknya beragama Islam, Indonesia bukanlah negara Islam. Muslim di Indonesia juga dikenal dengan sifatnya yang moderat dan toleran. Pada tahun 30 Hijri atau 651 Masehi, hanya berselang sekitar 20 tahun dari wafatnya Rasulullah SAW, Khalifah Utsman ibn Affan RA mengirim delegasi ke Cina untuk memperkenalkan Daulah Islam yang belum lama berdiri. Dalam perjalanan yang memakan waktu empat tahun ini, para utusan Utsman ternyata sempat singgah di Kepulauan Nusantara. Beberapa tahun kemudian, tepatnya tahun 674 M, Dinasti Umayyah telah mendirikan pangkalan dagang di pantai barat Sumatera. Inilah perkenalan pertama penduduk Indonesia dengan Islam. Sejak itu para pelaut dan pedagang Muslim terus berdatangan, abad demi abad. Mereka membeli hasil bumi dari negeri nan hijau ini sambil berdakwah.

2. Pakistan : 134,480,000 orang
Pakistan adalah sebuah negara yang terletak di Asia Selatan. Dengan lebih dari 150 juta penduduk, Nama Pakistan diambil dari awalan daerah Punjab, Afghan, Kashmir, Sind dan Baluchistan. Sedangkan dalam bahasa Persi Pak berarti suci dan Stan bermakna negara sehingga para pendiri Pakistan mengharapkan adanya negara suci menurut ajaran Islam.

3. India : 121,000,000 orang
Islam adalah agama yang kedua terbesar kedua setelah agama Hindu (80.5%). Ada sekitar 174 juta Muslim, 16.4% dari jumlah penduduk. Sejak pengenalannya ke India, Islam telah membuat penyumbangan keagamaan, kesenian, falsafah, kebudayaan, kemasyarakatan dan politik kepada sejarah, warisan dan kehidupan India.

4. Bangladesh : 114,080,000 orang
Islam adalah agama terbesar Bangladesh, yang muslim penduduk lebih dari 130 juta dan merupakan hampir 88% dari total jumlah penduduk, berdasarkan sensus 2001. Islam datang ke wilayah Bengal sejak abad ke-13, terutama oleh kedatangan para pedagang Arab, Persia Saints dan penaklukan daerahl Salah satu yang terkenal adalah suci Islam, Shah Jalal.

5. Turki : 65,510,000 orang
Daerah yang terdiri dari Turki moden mempunyai tradisi Islam yang lama dan kaya melatar belakang ke zaman permulaan Seljuk dan Empayar Uthmaniyyah. Orang Turki secara kebudayaan dan sejarah adalah umat Islam.

6. Iran : 62,430,000 orang
Sejarah awal Iran meliputi negara Iran dan juga negara-negara tetangganya yang mempunyai persamaan dalam kebudayaan dan bahasa. Ketika itu, negara-negara ini diperintah oleh kekaisaran-kekaisaran seperti Media dan Akhemenid. Sassania adalah kekaisaran Persia terakhir sebelum kedatangan Islam. Kemudian Persia bergabung menjadi sebagian khilafah Islam awal.

7. Mesir : 58,630,000 orang
Islam menyentuh wilayah Mesir pada 628 Masehi. Ketika itu Rasulullah mengirim surat pada Gubernur Mukaukis -yang berada di bawah kekuasaan Romawi-mengajak masuk Islam. Rasul bahkan menikahi gadis Mesir, Maria. Pada 639 Masehi, ketika Islam di bawah kepemimpinan Umar bin Khattab, 3000 pasukan Amru bin Ash memasuki Mesir dan kemudian diperkuat pasukan Zubair bin Awwam berkekuatan 4000 orang. Mukaukis didukung gereja Kopti menandatangani perjanjian damai. Sejak itu, Mesir menjadi wilayah kekuasaan pihak Islam. Di masa kekuasaan Keluarga Umayah, dan kemudian Abbasiyah, Mesir menjadi salah satu provinsi seperti semula. Khalifah Muiz membangun Masjid Besar Al-Azhar (dari “Al-Zahra”, nama panggilan Fatimah) yang dirampungkan pada 17 Ramadhan 359 Hijriah, 970 Masehi. Inilah yang kemudian bekembang menjadi Universitas Al-Azhar sekarang, yang juga merupakan universitas tertua di dunia saat ini.

8. Nigeria : 53,000,000 orang
Islam dianut oleh 50% dari total penduduk Nigeria, Penyebaran Islam di Nigeria dibagi dalam tiga periode, yaitu periode Trans Sahara dan Afrika Utara, periode Atlantik dan periode kemerdekaan. di samping melakukan perdagangan, para pedagang Muslim juga memperkenalkan misi utama ajaran Islam, yaitu mengembangkan perdamaian, keadilan dan kesejahteraan.

9. Algeria (Al-Jazair) : 30,530,000 orang
Islam pertama kali dibawa ke Aljazair oleh Bani Umayyah setelah invasi dinasti dari Uqba bin Nafi, dalam berlarut-larut proses penaklukan dan konversi yang membentang 670-711. Namun, seperti di Timur Tengah itu sendiri, mereka berusaha untuk menggabungkan baru mereka Islam dengan perlawanan terhadap aturan luar negeri kekhalifahan - sebuah ceruk yang Khawarij dan Syiah "ajaran sesat" diisi dengan sempurna.

10. Maroko : 28,780,000 orang
Maroko modern pada abad ke-7 M merupakan sebuah wilayah Barbar yang dipengaruhi Arab. Bangsa Arab yang datang ke Maroko membawa adat, kebudayaan dan ajaran Islam. Sejak itu, bangsa Barbar pun banyak yang memeluk ajaran Islam.

Dikutip dari Republik Science bersumber dari Kaskus.us

Komentar yang berbau SARA dan provokasi akan kami hapus

45 comments:

Tech Tips mengatakan...

hmm.. Indonesia.. emang terkenal dengan penduduk muslim terbanyak
seharusnya bangsa kita mampu mengangkat harkat dan derajat islam..

Anonim mengatakan...

kok arab gk ad yah..??

Anonim mengatakan...

01. Indonesia > 207,000,105 > 88.20%
02. Pakistan > 159,305,441 > 96.7%
03. India > 151,402,065 > 13.4%
04. Bangladesh > 129,987,365 > 86.4%
05. Egypt > 70,530,237 > 91%
06. Turkey > 68,963,953 > 99%
07. Nigeria > 64,385,994 > 50%
08. Iran > 64,089,571 > 98%
09. Ethiopia > 37,533,500 > 50%
10. Algeria > 32,999,883 > 99%
11. Morocco > 32,300,410 >99%
12. Afghanistan > 31,571,023 > 99%
13. Saudi Arabia > 26,417,599 > 100%
14. Sudan > 26,121,865 > 65%
15. Iraq > 25,292,658 > 97%
16. Uzbekistan > 23,897,563 > 89%
17. Russia > 21,513,046 > 15%
18. Yemen > 20,519,792 > 99%
19. China > 19,594,707 > 1.5%
20. Syria > 16,234,901 > 88%
21. Malaysia > 14,467,694 > 60.4%
22. Tanzania > 12,868,224 > 35%
23. Mali > 11,062,376 > 90%
24. Niger > 10,499,343 > 90%
25. Senegal > 10,459,222 > 94%
26. Tunisia > 9,974,201 > 99%
27. Somalia > 8,548,670 > 100%
28. Guinea > 8,047,686 > 85%
29. Azerbaijan > 7,584,311 > 93.4%
30. Burkina Faso > 7,449,626 > 52%
31. Kazakhstan > 7,137,346 > 47%
32. Tajikistan > 6,805,330 > 95%
33. Côte d’Ivoire > 6,677,043 > 38.6%
34. Congo (Kinshasa) > 6,008,500 > 10%
35. Libya > 5,592,596 > 97%
36. Jordan > 5,471,745 > 95%
37. Chad > 5,306,266 > 54%
38. United States > 4,558,068 > 1.5%
39. Turkmenistan > 4,407,352 > 89%
40. Philippines > 4,392,87 > 35%
41. France > 4,214,790 > 6.9%
42. Kyrgyzstan > 4,117,024 > 80%
43. Uganda > 4,090,422 > 15%
44. Mozambique > 3,881,340 > 20%
45. Sierra Leone > 3,610,585 > 60%
46. Ghana > 3,364,776 > 16%
47. Cameroon > 3,276,001 > 20%
48. Thailand > 3,272,21 > 85%
50. Mauritania > 3,083,772 > 99.9%
51. Germany v 3,049,96 > 13.7%
51. Oman > 2,971,567 > 99%
53. Albania > 2,508,277 > 70%
54. Malawi > 2,431,784 > 20%
55. Kenya > 2,368,07 > 17%
56. Eritrea > 2,280,799 > 50%
57. Serbia and Montenegro > 2,274,126 > 21%
58. Lebanon > 2,257,351 > 59%
59. Kuwait > 1,985,300 > 85%
60. United Arab Emirates > 1,948,041 > 76%

Anonim mengatakan...

Kalau memang moderat & toleran, harus sesungguhnya dibuktikan dong :) Saling menghormati dgn umat beragama lainnya. Jgn suka mengatasnamakan hal-hal tak penting yg ga masuk akal buat dijadikan hal untuk bertindak seenaknya. Saya ga bilang semuanya begitu lho, tp terbukti kan ada beberapa pihak yg seperti itu :) Bhinneka Tunggal Ika. Peace :)

pemuda mengatakan...

yang benar yang mana ini, masa Islam Indonesia penganut nomer 2 tapi ko' nulisnya diurutan no. 1 yang nomer 1 siapa ? terus buat anonim uda bagustuh informasinya cuma sumbernya ko' ga dicantumkan ? maaf ya saya ga protes cuma mau merapihkan biassalah cleaning service...

Anonim mengatakan...

Jangan hanya dilihat kwantitasnya tapi lihat kwalitasnya percuma jika besar dalam sisi kwantitas tapi tak ada kwalitasnya, mari kita buka mata kita dari ke 50 negara tersebut mana yang paling berkwalitas.

Generasi21 mengatakan...

Mari kita tunggu saja perkembangan selanjutnya sebab kebenaran sudah teruji dari berabad-abad lamanya. Fitroh jiwa manusia sesungguhnya adalah ia akan mencari Tuhannya sedang Tuhannya manusia itu telah menurunkan petunjuk dengan jelas dan terang benderang dan benar-benar berbeda dengan agama-agama manapun walaupun ada kesamaan itupun cuman sedikit sebab kitab2 mereka telah tercapuri oleh tangan2 manusia yang didalam hatinya ada kebencian terhadap yang benar. Yang terpenting bagaimana sekarang menyampaikan kepada mereka bahwa Tuhan manusia itu adalah Allah yang Maha Besar.

Jika berfikir adanya berjuta-juta makhluk yang Tuhan ciptakan boleh jadi Tuhan akan mengambil anak tiap2 makhluk itu anak Tuhan untuk menyampaikan syariatnya (Mulkiyah) "berarti Tuhan adalah berjumlah Banyak" sebab tiap makhluk Tuhan mengambil anak. Maha Suci Allah Tuhan Seru Sekalian Allam "Allah hanya Satu tidak beranak dan tidak diperanakan" dan Allah tidak sama dengan makhluknya.

Demikian makhluk manusia, untuk menerangkan (menjelaskan) kepada seluruh manusia maka Tuhan menurunkan Kalimat-Nya melalui utusan dari makhluk manusia itu sendiri agar manusia itu mengerti dan paham.

Semoga seluruh manusia di muka bumi ini mengenal penciptanya serta mengenal utusan-Nya.

Anonim mengatakan...

jgn terlalu berbangga dgn nomor2 KTP yg bias utk membuat kesimpulan. Lihatlah dgn jujur perkembangan dunia skrg, siapa yg lebih diberkati oleh ALLAH untuk mengukapkan rahasia alam dan menguasai teknologi dalam segala aspek kehidupan manusia.....hayo!!!!!!!!!!Kristen atau non Kristen ??

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Berbagi Kreativitas mengatakan...

Indonesia dikenal sebagai penduduk muslim terbanyak didunia? Tapi mengapa banyak penyelewengan yang justru merusak harkat dan martabat muslim itu sendiri? Jawabnya: Semakin banyak, pasti semakin besar pula perbedaan, baik dari suku ataupun daerah. Yang disayangkan Negara kita ini suka dengan ungkapan "Loe-loe guwa-guwa" Loe orang jawa - guwa orang sebrang", gw dari kota loe dari kota mana?, perang antar suku makin meraja rela, tawuran dimana-mana, tindak kekerasan tidak pernah luput dari dunia berita ala maya ataupun nyata.

Dari situ saja sudah keliatan bobobroknya rasa Persatuan Bangsa kita saat ini, untuk orang yang masih sadar sebagai Warga Indonesia hanya bisa mengelus dada - tanpa tau apa yang seharusnya dilakukan karena belum ngerti atau memang tidak mau tau. Mau sedikit share khusus untuk Saya pribadi dan untuk yang membaca jika berkenan: "Hargai diri sendiri terlebih dahulu, jika anda ingin orang lain menghargai diri Anda" - "Bukannya Hargai orang lain sebelum orang lain ingin menghargai anda", itu saja sudah salah menurut saya dan ungkapan yang kedua itulah yang sering kita dengar pasti.

"Semakin besar Iman seseorang semakin besar pula godaannya" sebuah paparan yang pernah Saya baca seputar Islam. Jika kita sadar akan hal itu, seharusnya kita berfikir dan introkspeksi diri balance-kan Logika dan Perasaan kita, tempatkan dengan sebenar-benarnya tempat untuk ke-2 hal tersebut sesuai porsinya. Semoga kiamat tidak lekas datang sebelum kita semua Bertobat. Amin..

mohlimo mengatakan...

peringkat islam:
1. indonesia
2. malaysia
3. pakistan
4.>>>>>>>>>>>>>>> liat aja sendiri di google trends

Joey mengatakan...

keprcayaan itu bukan pemaksaan....saya percaya pada kepercayaan saya, karena itu sudah pilihan saya, dan saya pun merasa bahagia kalau melihat orang yang berbeda keyakinan dengan saya, karena perbedaan itu indah

pendy mengatakan...

seharusnya indonesia bisa menguasai dunia.... karna indonesia penduduk terbanyak di dunia dan umat islam yg terbesar di dunia

Dzulfiqar Bagas mengatakan...

Islam di Indonesia kebanyakan islam abal-abal
Islamnya cuma omongan doang
Di KTP nya Islam, tapi hatinya ga sesuai dengan ajaran islam
Mudah-mudahan suatu saat nanti SELURUH UMAT MANUSIA YG ADA DI INDONESIA MENGANUT AGAMA ISLAM YG 100% ISLAM YG BERSUMBER DARI AL QURAN DAN HADITS
DAN BUKAN ISLAM ABAL-ABAL
AMIIINN.....

Dzulfiqar Bagas mengatakan...

sok tau lo indonesia bkn nagara dgn penduduk terbnyk!!!
indonesia cuma peringkat 4 terbanyak!!!
yg pertama tuh Cina!trus India abis itu Amerika!!!

Khrisna Sunandar mengatakan...

Islam itu Agama yg penganutnya terbanyak ke 2..
Nah kalau Indonesia, Negara pertama yg mempunyai populasi Muslim terbanyak di dunia..
Cina emang mempunya penduduk terbanyak,tapi populasi muslimnya itu sedikit,,ARAB walaupun Islam 100%, tapi populasi Penduduknya jauh lebih sedikit dari indonesia..

debat maslah agama itu ga akan beres2 sampe akhir zaman...
naaah hal yang jauh lebih baik dari ngomongin soal agama,yaitu menjalankan perintah agamanya...

Saling intropeksi diri lah..
Lebih bagus Indonesia mempunyai populasi Islam terbanyak di dunia walaupun hanya sekedar KTP, dari pada penuh sama populasi Jews atau Yahudi. itu yang harus kita kwatirkan..bukan KTP yang dipermasalahkan..

Saya Islam dan Saya akui saya bukan penganut Islam yang taat..
Tapi saya berani mati dan berdiri di posisi paling depan kalau Islam di Hina dan Injak2..
Jihad sesuai ajaran Allah dan Rossul.

Allahu Akbar

Anonim mengatakan...

SEHARUSNYA GGA ADA TOLERANSI KE AGAMA LAIN .. BELUM TENTU AGAMA LAIN MENGHARGAI AGAMA ISLAM .
.. JANGAN SEBUT NEGARA INDONESIA ADALAH BUKAN NEGARA ISLAM .

Anonim mengatakan...

krisna.. gua setuju bnget ma kata2 lo yg terakhir..

Ewa mengatakan...

kalau negara indonesia Islamnya pengen kuat dan berwibawa kita harus bersatu memiliki pemimpin umat yang didukung oleh semua umat islam

Ra¥mond W¥ Kao mengatakan...

Di indonesia kebnyakaN hanyA islam KTP

ewinofianti mengatakan...

indonesia memang banyak orang2 muslim,,,,,,,
indonesia terusmaju.

Arib Nabawi mengatakan...

betul betul betul...

Arib Nabawi mengatakan...

ya benar tu...

Arib Nabawi mengatakan...

islam memang banyak. tapi selama islam gak melaksanakan hukum yg udah d tetap kan dalam islam sama aj gak ada kekuatan.

Arib Nabawi mengatakan...

yes tepat skali, saya stuju dgn anda.

Arib Nabawi mengatakan...

emang gitu Fakta nya. islam memang banyak d undonesia tapi hukum yg d tegak kan bkn hukum islam.

hilda mengatakan...

Emg bener ya??? Aq cieh g' prnah ngitung. cuma lo Arab saudi nomer berapa???

Anonim mengatakan...

#tepukjidatsabilgdubrak

milsi alami mengatakan...

info yang menarik dan bermanfaat pastinya , islam memang number one .. i love islam !!!!

roy_bogel mengatakan...

asalamualaekum..kenapa saudi arabia dimana letak nya kaqbah dan tempat nya para nabi di lahirkan kok tidak masuk nominasi 10 besar negara muslim didunia,,yg saya mau tanya alasan apa maaf kalu pertanyaan nya kuli sawah ini salah....wslm..ma kasih sebelum nya....

roy_bogel mengatakan...

asalamualaekum..kenapa saudi arabia dimana letak nya kaqbah dan tempat nya para nabi di lahirkan kok tidak masuk nominasi 10 besar negara muslim didunia,,yg saya mau tanya alasan apa maaf kalu pertanyaan nya kuli sawah ini salah....wslm..ma kasih sebelum nya....

Anonim mengatakan...

Indonesia InsyaAlloh dengan izin Alloh akan menjadi Pemimpin Negara Islam Didunia...InsyaAlloh walaupun konsep negara tidak menggunakan Hukum Islam Murni akan tetapi unsur2 kontekstualnya banyak sekali simbol2 atau nash2 alquran dan hadist dipakai dalam konstitusi negara misal Pancasila dan UUD 45 dan UU yang laninya banyak korelasi positifnya dengan nash2 hukum Islam. Yah kita tunggu saja sambil bersabar dan berusaha sekuat tenaga memohon pertolongan Alloh dengan meningkatkan taraf hidup masyarakat kekuatan ekonomi mikro dan makro berdasarkan ekonomi syariah, berkebangsaan yang berkeadilan hukum dalam segenap perikehidupan masyarakat tanpa memandang RAS atau suku, Menyusun program percepatan Alih teknologi dalam susunan sistem pendidikan nasional terutama pendidikan IMTAQ yang berkarakter Akhlakul Karimah yang komprehensif, dan berkelanjutan. Meningkatkan kesadaran atas rasa Persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan rasa persaudaraan Ukhuwah Islamiyah didalam kedaulatan NKRI walau dengan saudara sebangsa yang non muslim. Yang Insya Alloh akan meningkatkan pula dalam hal kemandirian dalam segala aspek unsur2 kehidupan beragama berbangsa dan bernegara yang sudah dianugerahkan Alloh SWT kepada bangsa ini"Baldatun toyibatun wa robbun ghofur. Dan mimpi itu akan terwujud Indonesia akan menjadi Negara Super Power Adikuasa Pemimpin Kebangkitan Islam di dunia Jauh mengungguli USA, Eropa, China, dan negara2 maju lainnya dalam segala hal bila semuanya secara sadar dan arif bijaksana bangun dari tidur panjangnya dan bangkit untuk mewujudkan mimpi2 tersebut seraya memohon kehadirat ALLOH SWT atas Rahmat pertolongan dan RidhoNYA...InsyaAlloh.

Anonim mengatakan...

Orang bodoh berkomentar hahaha :')

Anonim mengatakan...

Dilihat dari banyaknya penduduk negaranya pak :)

Anonim mengatakan...

Manusia, dan jumlah manusia tak bisa menjelaskan kemakmuran suatu agama atau bahkan kebenanaran suatu agama, pada kodratnya manusia adalah mahkluk yg selalu salah n khilaf, manusia selalu dikendalikan hawa nafsu, selalu mengatasnakan kebenaran untuk menutupi kesalahan.
hanya malaikat yg tak perbuat salah pada Tuhan...!!!

baca dan pahamilah kitab suci masing2.
apa makna yang terkandung didalamnya...!!!

Al-QURANUL KARIM adalah sebuah keagungan maha karya TUHAN yg MAHA nyata dan sempurna yg telah menyelaskan kejadian dimasa lalu sebagai pelajaran bagi manusia, menjelaskan kejadian sekarang sebagai pedoman menjalani hidup....
dan telah menjelaskan hal-hal yg akan terjadi di masa mendatang sebagai kewaspadaan diri dalam bertingka laku.

tp bukan suatu hal yg baru klo sampai akhir jaman akan selalu d tentang oleh oleh kaum musyrikin n ahlul kitab, karena telah d jelaskan dalam AlQuran.

www.hartland.com mengatakan...

Bagaimana dengan negara negara di asia tenggara sobat..?

www.hartland.com mengatakan...

Yang ingin saya tahu populasi penganut muslim di Singapore,TimorLeste,Papaua NUigini,Samoa,Fiji,Maladewa,

www.hartland.com mengatakan...

Bagaimana dengan negara negara di asia tenggara sobat..?

khalisa fitjriyah mengatakan...

Amiinnn...

Alwin Purnama mengatakan...

Bagaimana bisa malaysia bisa peringkat kedua sedangkan penduduknya ga sampe 100 juta?

Anonim mengatakan...

ALHAMDULILLAH

Anonim mengatakan...

Kristen

Sri Yati mengatakan...

Subhanallah.... Amin ya rabbal alamin :)

Poskan Komentar

 
© Copyright 2035 Serba Sepuluh
Theme by Yusuf Fikri